Kamis, 22 Desember 2011

Asas-asas dan Konsep Mengenai Ekosistem


           
A.    Konsep Ekosistem
Ekosistem adalah suatu sistem alami yang terdiri dari semua tumbuhan, hewan dan mikro organism (factor biotik) di daerah berfungsi bersama-sama dengan semua non-tingal fisik (abiotik).secara garis besar ekosistem dibedakan kedalam eko system perairan (ekosistem: danau, kolam, sungai, dan sebagainya) ekosistem daratan (ekosistem: hutan, padangrumput, sawah dan lainna) ada istilah Ekosistem di ciptakan pada tahun 1930 oleh Roy Clapham, untuk menunjukan komponen-komponen fisik dan biolgi dari lingkungan dipertimbangkan dalam hubungan satu sama lain sebagai satu unit. Konsep ekosistem merujuk pada interaksi kehidupan dengan unsur-unsur yang merupakan asas kepada alam dalam hubungan yang saling berkait rapat. Eugene Odum, salah seorang pengasas pengkajian ekologi sains berpendapat, “mana-mana unit atau organisme dalam sebuah komuniti yang berinteraksi dalam alam fiskal.”
B.    Pengendalian Secara Biologi Dari Lingkungan Kimia
             Pengendalian biologis didefinisikan sebagai pengurangan hama populasi oleh musuh alami dan biasanya melibatkan peran aktif manusia. Musuh alami serangga, juga dikenal sebagai agen control log biologi, dan termasuk predator, parasitoid, dan pathogen. Agen control biologis tanaman penyaki yang paling di sebut antagonis. Agen control biologis gulma termasuk herbivore dan pathogen tanaman. Predator seperti burung, kumbang wanita dan lacewings. Arasitoid adalah spesies yang berkembang dewasa pada atau didalam sebuah host seranga tungal. Pathogen penyebab penyakit organism termasuk bakteri, jamur, dan virus. Mereka membunuh atau melemahkan tuan mereka sendiri dari relative spesifik.

1.        Produksi dan Pembusukan di Alam

a.     Produktivitas primer merupakan laju penambatan energi yang di lakukan oleh
 Produsen. Produktivitas primer dibedakan atas produktivitas primer kasar (bruto) yang merupakan hasil asimilasi total, dan produktivitas primer bersih (neto) yang merupakan penyimpanan energi didalam jaringan tubuh tumbuhan.
b.    Produktivitas sekunder merupakan laju enambatan energi yang dilakukan oleh
konsumen. Produktivitas sekunder pada dasarnya adalah asimilasi pada asas atau tingkatan konsumen
c.    Produktivitas akan tinggi bilamana factor-faktor lingkungan cocok atau optimal.
Pemberian bantuan energi dari luar atau subsidi energi juga dapat meningkatkan produktivitas. Subsidi tersebut dapat berupa pemberian pupuk, irigasi, pengendalian hama, dan pengolahan tanah.
Dekomposisi adalah penguraian komponen bahan organic mati menjadi bahan anorganik atau organik yang lebih sederhana oleh organism heterotrof (organism yang membutuhkan senyawa organik dimana karbon diekstrak untuk pertumbuhannya. Heterotrof dikenal sebagai consumer dalam rantai makanan. Termasuk kedalam heterotrof adalah semua hewan, jamur dan bakteri.)
C.                 Homeostatis Ekosistem
Homeo statis merujuk pada ketahanan atau mekanisme pengaturan lingkungan kesetimbangan dinamis dalam (badan organisme) yang konstan. Homeostatis merupakan salah satu konsep yang paling penting dalam biologi. Bidang fisiologi dapat mengklasifikasikan mekanisme homeostatis pengaturan dalam organisme.
Terdapat 2 janis keadaan konstan atau mantap dalam homeostatis, yaitu
1.                  Sistem  tertutup – kesetimbangan statis
·           Dimana keadaan dalam yang tidak berubah seperti botol tertutup


2.                  Sistem terbuka – kesetimbangan dinamik
                                                           
·      Dimana keadaan dalam yang konstan walaupun sistem ini terus berubah contoh nya seperti kolam didasar air terjun.
Organisme mempunyai dua lingkungan, yaitu:
1.        Lingkungan luar yaitu lingkungan yang mengelilingi organisme secara  keseluruhan. Organisme akan hidup berkelompok dengan organisme-organisme (biotik) dan objek-objek yang mati (abiotik).
2.        Lingkungan dalam yaitu lingkungan dinamis dalam badan manusia yang terdiri dari fluida yang mengelilingi komunitas sel-sel yang membentuk badan.
Biotik ialah komponen hidup yang meliputi semua organisme hidup. Contoh komponen hidup ialah:
·           Manusia
·           Tumbuhan
·           Hewan
Abiotik ialah komponen yang tidak hidup (mati), antara lain
·           Suhu
·           Nilai pH
·           Cahaya
·           Kelembapan
·           Topograpi
·           Air

Pertanyaan :
1.      Pengertian alam fiskal?
2.      Jelaskan produktivitas primer merupakan laju penambatan energi yang di lakukan oleh  Produsen?
Jawab :
1.      alam fiskal : suatu tempat tinggal yang didalamnya terdapat interaksi kehidupan dengan unsur-unsur yang merupakan asas kepada alam dalam hubungan yang saling berkait rapat.
2.      Adanya proses fotosintesis pada produsen yang menghasilkan makanannya sendiri dan kemudian dimakan oleh konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar