Minggu, 25 Desember 2011

Legenda Bulu Tengon

kali ini admin mau bagi" cerita rakyat... semoga bermanfaat ya.. <(-^_^-)>


Konon, pada ribuan tahun silam terdapat sebuah desa yang terletak di sungai payan-anak sungai (long pujungan) yang di huni 80 KK dari masyarakat suku dayak, sub-etnis kayan dari puak Ma-Afan.
Di desa itu terdapat seorang tokoh yang sangat dihormati dan disegani bernama Ku Anyi sebagai kepala suku yang hidup dengan damai sejahtera. Namun, hingga masa tuanya, suami istri Ku Anyi belum juga di anugerahi keturunan, sehingga setiap saat Ku Anyi dan istri berdoa kepada yang maha kuasa dengan penuh kepasrahan. Ku Anyi setiap harinya dengan mata pencahariannya berburu menelusuri hutan belantara, gunung, dan bukit bersama anjing kesayangannya.
Alhsil, saat menelusuri hutan belantara tersebut, Ku Anyi mendengar suara aneh dan melihat anjjingnya menyalak dengan keras dan terus menerus ke arah serumpun bambu betung dan di sekitar itu juga terlihat sebutir telur di atas daun jemelai.
Karena hari sudah terlalu sore dan hasil buruan tidak kunjung di dapat, dengan rasa penasaran terhadap bambu dan telur yang ditemukannya, maka Ku Anyi membawanya pulang kerumah. Sesampainya di rumah, Ku Anyi memberikan bambu dan telur tersebut kepada istrinya, kemudian istrinya meletakkannya di atas para-para dapurnya.
Karena merasa lelah dan capek serta suasana pada malam itu sedang turun hujan lebat dan guntur yang cukup dahsyat, Ku Anyi dan istrunyya beristirahat, hingga akhirnya mereka tertidur dengan lelapnya.
Setelah keesokan harinya, Ku Anyi dan istrinya di bangunkan oleh suara tangis bayi yang cukup keras yang berasal dari arah dapur. Dengan rasa penasaran, mereka segera menghampiri sumber tangis bayi tersebut. Alangkah terkejutnya mereka melihat ternyata sumber tangis bayi itu berasal dari bambu betung dan teluryang ia bawa kemarin.
Setelah diamati ternyata bayi tersebut merupakan bayi laki-laki dan bayi perempuan, kedua bayi ini di anggap karunia dewa. Kemudian Ku Anyi memberikan nama Jau Iru yang artinya guntur besar  pada bayi laki-laki dan Lamlai Suri pada bayi perempuan.
Setelah mereka dewasa, Jau Iru dan Lamlai Suri di nikahkan oleh Ku Anyi. Kisah Jau Iru dan Lamlai Suri diabadikan dengan didirikannya monumen “Telor Pecah”. Monumen tersebut terletak di antara jalan sengkawit dan jelarai, yang mengingatkan kita tentang cikal bakal berdirinya kesultanan Bulungan.
Bulungan, berasal dari kata “Bulu Tengon” (bahasa bulungan), yang artinya bambu betulan. Karena adanya perubahan dialek bahsa Melayu maka berubah menjadi “Bulungan”.   

( Cerita Rakyat Bulungan )

2 komentar:

  1. http://reretaipan88.blogspot.com/2018/07/asiataipan-taipanqq-taipanbiru-cara.html

    Taipanbiru
    TAIPANBIRU . COM | QQTAIPAN .NET | ASIATAIPAN . COM |
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID terbaik nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan.
    BandarQ
    AduQ
    Capsasusun
    Domino99
    Poker
    BandarPoker
    Sakong
    Bandar66

    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : E314EED5

    Daftar taipanqq

    Taipanqq

    taipanqq.com

    Agen BandarQ

    Kartu Online

    Taipan1945

    Judi Online

    AgenSakong

    BalasHapus
  2. Jtm Hub® - JTG Hub® - Jammy Hub®
    All JTG Hub® 계룡 출장샵 locations 남양주 출장안마 can 의왕 출장마사지 now 안동 출장안마 be 상주 출장샵 found in our official map. For jtHub®, visit www.jtmhub.com.

    BalasHapus